Mari Satukan Cinta UntuK Balita Indonesia

Satu Tahun Seribu Balita Cerdas Bookmark and Share

Senang campur haru melihat anak-anak usia balita satu demi satu berjalan melewati jalan sempit yang curam untuk sampai ke sekolah. Sekolah mereka kini sudah berdiri tegak dan layak. Kedatangan mereka disambut oleh guru yang tidak bukan adalah kader atau tenaga pengajar sukarela yang telah qualified, karena mereka telah diberikan pelatihan melalui program yang dilakukan Dinas Pendidikan Pemda Sukabumi dan Unicef, termasuk pelatihan Pelatih Ahli PAUD.

Pemerintah saat ini memang sedang menggalakkan upaya peningkatan layanan PAUD agar lebih merata serta lebih berkualitas. Berdasarkan data Depdiknas bahwa lebih dari 20 juta Balita Indonesia tidak memiliki kesempatan mengenyam PAUD. Padahal pendidikan adalah dasar utama yang penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Inilah modal yang dibutuhkan anak bangsa untuk bertahan di tengah persaingan global dan maju untuk memberikan sumbangsih bagi bangsa dan negara.

Karena itulah P&G sebagai salah satu perusahaan produk konsumen terbesar di dunia, memilih untuk memusatkan perhatian kegiatan layanan masyarakatnya kepada anak-anak dengan usia di bawah 13 tahun melalui Tema Global LLT – Live, Learn, and Thrive.

Terpanggil dengan tingginya jumlah anak yang belum mendapat layanan pendidikan, P&G bekerjasama dengan Unicef mengadakan program sosial bernama Balita Cerdas yang dikhususkan untuk membantu balita di Indonesia mendapatkan pendidikan usia dini yang layak.

Program yang telah berjalan 2 tahun ini dipusatkan di 10 desa di Sukabumi. Saat ini lebih dari 1000 balita telah menjadi murid di 10 PAUD tersebut. Mereka belajar gratis. Program Balita Cerdas di Sukabumi telah berjalan dengan baik Karena dukungan dari pemerintah setempat, para bintang iklan produk P&G serta tokoh yang sangat perhatian terhadap perkembangan anak, antara lain: Soraya Haque, Purwatjaraka (composer), Shannaz Haque, Ira Wibowo, Nirina Zubir, Annisa Pohan, Susan Bachtiar. Juga peran tokoh masyarakat setempat seperti Kepala Desa dan Bu Kades selaku penggerak PKK yang merupakan kunci utama suksesnya program ini. Bahkan P&G telah membangun 4 pusat kegiatan masyarakat dengan nilai lebih dari 1 milyar rupiah untuk digunakan sebagai fasilitas PAUD serta kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Ke depannya P&G berencana akan memperluas program percontohannya ke daerah lain. Selanjutnya diharapkan melalui kampanye "Satu Tahun Seribu Balita Cerdas", P&G Balita Cerdas akan terus berkembang . Mulai hari ini kita juga bisa ikut berpartisipasi membantu untuk pendidikan anak balita dengan membeli produk-produk P&G berlabel "Hemat Membawa Rakhmat".

Ayo dukung balita Indonesia untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah!

0 komentar:

Posting Komentar